Manfaat Makan Sayur Mentah Melebihi Sayuran Matang
Manfaat Makan Sayur Mentah Melebihi Sayuran Matang

9 Manfaat Makan Sayur Mentah Melebihi Sayuran Matang

Posted on

Ketika anda ingin mencoba makan makanan yang lebih sehat, maka menambahkan banyak sayuran  dalam sajian diet tentu menjadi cara terbaik.

Tidak hanya rendah kalori, namun sayuran juga mempunyai manfaat serat yang tinggi, vitamin C, potasium dan kandungan antioksidan tinggi yang semuanya sangat baik untuk kesehatan. Sayuran biasanya diolah dengan cara ditumis, kukus, panggang dan juga rebus yang memang menyehatkan.

Akan tetapi, mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah sanggup menunjukkan manfaat khusus. Ada begitu banyak perbedaan nutrisi dari sayuran yang dimasak dan juga mentah. Untuk itu, dalam ulasan kali ini akan kami jelaskan apa saja manfaat makan sayur mentah yang sanggup anda peroleh.

Kandungan Vitamin Lebih Tinggi

Salah satu manfaat terbesar yang sanggup didapatkan ketika mengkonsumsi sayur dalam keadaan mentah ialah vitamin yang jauh lebih banyak. Beberapa nutrisi dalam sayur menyerupai manfaat vitamin C akan mulai pecah ketika terkena panas menyerupai larut bersama air rebusan. Mengkonsumsi sayuran mentah berarti sanggup menunjukkan lebih banyak nutrisi yang larut dalam air menyerupai vitamin C dan B dibandingkan dengan makan sayur dalam keadaan mentah.

Lebih Tinggi Kandungan Antioksidan

Salah satu alasan mengapa mengkonsumsi sayuran sangat disarankan ialah alasannya manfaat antioksidan yang sangat tinggi. Namun sama menyerupai vitamin C, antioksidan dalam sayur juga sanggup rusak ketika dimasak. Beberapa jenis antioksidan yang larut dalam air kemungkinan sanggup terserap bersama air ketika dimasak. Sedangkan jenis antioksidan lain sanggup dinetralisir alasannya minyak goreng akhir proses oksidasi ketika memasak.

Menanggulangi Kanker

Sebenarnya, sayuran mentah atau yang dimasak sama sama baik dikonsumsi sebagai solusi kanker. Namun dari artikel yang diterbitkan pada Epidemiologi Kanker, Biomarker & Pencegahan bulan September tahun 2004 disebutkan kalau materi kimia pada sayur akan hilang ketika dimasak. Seperti misalnya brokoli mentah mengandung 3x lebih banyak enzim berjulukan myrosinase yang sanggup membantu untuk menyingkirkan karsinogen penyebab kanker dibandingkan dengan brokoli yang sudah dimasak.

Manfaat Makan Sayur Mentah Melebihi Sayuran Matang
Manfaat Makan Sayur Mentah Melebihi Sayuran Matang

Menurunkan Berat Badan

Makan lebih banyak sayuran mentah juga dikaitkan dengan penurunan berat tubuh berdasarkan penelitian yang diterbitkan American Journal of Clinical Nutrition bulan Mei 2009. Sayuran dalam keadaan mentah akan mengandung kepadatan energi yang lebih rendah dibandingkan dengan sayuran dimasak yang biasanya sudah mengandung kadar air tinggi.

Meningkatkan Energi

Mengkonsumsi sayuran mentah dengan teratur sanggup menunjukkan nutrisi esensial tinggi yang sangat diharapkan oleh tubuh untuk mengubah makanan menjadi sumber energi menyerupai misalnya vitamin B12 yang efeknya sama menyerupai kafein namun lebih sehat.

Sumber Asam Amino

Semua sayur berwarna hijau yang dikonsumsi dalam keadaan mentah merupakan sumber asam amino tinggi yakni sumber blok pembangun protein. Tingginya kadar asam amino dalam sayuran mentah nantinya sanggup mengatasi banyak sekali dilema tubuh menyerupai menghilangkan kantung mata, menurunkan berat badan, mengatasi rambut tipis dan gampang patah, mengatasi kuku gampang patah, tak bisa tidur dan juga pilek.

Mencegah Penuaan Dini

Mengkonsumsi sayuran mentah sangat penting untuk memperlambat penuaan dini. Hal ini sanggup terjadi alasannya kandungan mineral dan vitamin dalam sayuran mentah akan pribadi diserap tubuh yang lalu akan digunakan untuk merawat mukosa, solusi kecantikan kulit sekaligus mendukung regenerasi sel. Dengan mengkonsumsi sayuran mentah, maka kulit akan terlihat segar, halus dan juga lebih baka muda.

Menurunkan Risiko Penyakit

Sayuran mentah merupakan sumber antioksidan tinggi khususnya pada sayuran hijau. Dengan tingginya antioksidan tersebut, maka kerusakan organ tubuh sanggup diminimalisir dan penyakit degeneratis serta bisul sanggup diminimalisir termasuk juga untuk mempercepat proses penyembuhan.

Mempercepat Proses Detoks

Banyak mengkonsumsi sayuran dalam keadaan mentah juga sanggup mengeluarkan racun dalam tubuh lebih cepat alasannya sayuran mentah tinggi akan kandungan serat untuk melancarkan pencernaan, membantu buang air besar sekaligus menghilangkan sisa metabolisme beserta lemak di dalam tubuh.