Perkembangan Anak 2 Tahun
Perkembangan Anak 2 Tahun

Mengetahui Cara Mendukung Perkembangan Anak 2 Tahun

Posted on

Anak menjadi pelita bagi keluarganya. Dimana memiliki anak mampu menjadi penyemangat dalam keluarga dan juga memberikan keceriaan dalam keluarga. Anak juga akan mengajarkan orang tua banyak hal sepanjang hidupnya. Dengan memiliki anak, maka orang tua akan merasa senang karena memiliki generasi penerus. Namun, jika anda telah merencanakan untuk memiliki anak atau sedang memiliki anak maka ada baiknya anda mulai belajar perkembangan anak yang baik semasa dia tumbuh dan berkembang.

Anak lahir dalam usia kandungan kurang lebih 9 bulan. Setelah mengalami masa perkembangan dalam Rahim sejak pertumbuhannya tersebut, bayi akan dilahirkan ke bumi melalui proses persalinan. Perkembangan anak mulai dari bayi hingga tumbuh berjalan begitu cepat. Dimana akan sangat disayangkan jika anda melewatkan masa perkembangan mereka. Maka dari itu, ada baiknya anda mengenali sedari dini masa perkembangan anak yang optimal.

Perkembangan Anak 2 Tahun
Perkembangan Anak 2 Tahun

Masa perkembangan anak yang disebut golden years adalah masa perkembangan anak mulai lahir hingga menginjak usia 5 tahun. Dalam masa perkembangannya tersebut, anak akan mudah menyerap informasi yang mereka dapatkan di lingkungannya. Anak juga mulai pandai meniru. Masa perkembangan anak 2 tahun menjadi masa yang krusial terjadi pada anak. Dimana pada usia ini, anak sudah tidak lagi mengalami masa menyusu dan lebih aktif pada dunia mereka. Jika anak anda telah menginjakkan kaki di usia 2 tahun maka ada baiknya anda membaca beberapa ciri perkembangan anak 2 tahun yang optimal melalui artikel ini.

Perkembangan anak 2 tahun terbilang cukup kompleks dimana anak akan dengan mudahnya mengembangkan motorik kasar dan halusnya serta kemampuan emosi dan juga bahasanya. Perkembangan anak 2 tahun dapat diberikan stimulasi dari segi bahasa, kemampuan berpikir, kemampuan berbahasa hingga kognitifnya. Dalam melakukan stimulasi yang baik ada baiknya anak berumur dua tahun diajarkan menyanyi lagu anak- anak sederhana untuk mendukung kemampuan berbicaranya. Selain itu, anda juga dapat mengajak anak anda untuk berdialog bersama untuk meningkatkan kosakata sang anak. Anda juga dapat mengajarkan beberapa informasi dasar seperti berhitung, mengenal warna hingga menggambar pada usia ini.

Perkembangan anak 2 tahun juga dapat dikembangkan dengan memberikan mainan edukatif kepada anak seperti puzzle, menyusun balok, bermain bola, hingga menegnalkan permainan music sederhana kepada mereka. Hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan kognitif dan motorik anak pada usia dua tahun. Dimana jika anda mengajarkan dan mengenalkan berbagai kegiatan dan juga edukasi tersebut maka otak anak anak berkembang. Kegiatan parenting yakni melalui pendampingan akan perkembangan anak penting dilakukan untuk menunjang tumbuh kembang anak. Peranan orang tua memiliki banyak kegunaan dalam mendukung perkembangan anak 2 tahun agar anak merasa dicintai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *